Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Dan Cara Mengirimnya

Contohsuraterbaru.com | Menulis surat lamaran kerja adalah hal yang wajib di lakukan oleh setiap calon pekerja. Seiring perkembangan zaman surat lamaran keja tak harus selalu di kirim via pos semata. Kini berkat kemajuan teknologi surat lamaran kerja bisa di kirim dengan cara online, salah satu nya melalu email. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan bagikan beberapa contoh surat lamaran kerja via email dan cara mengirimnya yang baik dan benar. Silahkan disimak!

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Dan Cara Mengirimnya

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Dan Cara Mengirimnya

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Dan Cara Mengirimnya

Email merupakan produk teknologi masa kini yang wajib digunakan oleh semua orang. Email ini banyak manfaatnya salah satunya adalah sebagai alat verifikasi dan berbagi file dengan aman. Selain itu email bisa digunakan untuk mengirim surat lamaran pekerjaan. Yah, saat ini banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan kegunaan email untuk merekrut karyawan baru.

Menggunakan email sebagai media untuk mengirim surat lamaran kerja bisa dikatakan sangat efisien dan praktik. Waktu nya pun sangat cepat apalagi proses terima email ini bisa dalam hitungan detik saja. Meski begitu adanya email sebagai media untuk mengirim surat lamaran kerja, beberapa perusahaan masih ada yang mewajibkan para calon pelamar untuk mengirim surat lamaran lagi via fisik yang dikirim beserta lampirannya via pos.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Via Email yang tepat dan benar

Menulis surat lamaran kerja via email memang sangat berbeda dengan menulis surat lamaran kerja pada umumnya. Terlebih format penulisannya pun sangatlah berbeda. Bisa dikatakan surat lamaran kerja via email ini ditulis dengan singkat padat dan tidak bertele-tele. Adapun untuk berkas pendukung seperti lampirannya haruslah sudah berbentuk file scan (bisa jpg bisa pdf).

Karena itulah walau sudah mengirim surat lamaran kerja via email. calon pekerja selalu diwajibkan menulis kembali surat lamaran kerja yang resminya dalam sebuah kerja yang sudah di tandatangi. Email ini hanyalah perantara awal yang biasa digunakan agar proses perekrutan menjadi lebih maksimal. Dan jika pelamar beruntung biasanya di hari pemanggilan pelamar harus membawa surat lamaran kerja resminya yang sudah lengkap dengan berkas-berkas yang diperlukan.

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Baik dan Benar

Dalam beberapa kasus banyak para calon pelamar kerja yang salah kaprah ketika menggunakan email sebagai media untuk mengirim surat lamaran kerja. Banyak orang yang mengisi asal-asalan beberapa kolom yang tersedia di email tersebut. Al hasil pihak perusahaan yang menerima email surat lamaran kerja tersebut menjadi bingung. Lantas bagaimana cara yang benar mengirim surat lamaran kerja via email itu?

Saat hendak mengirim surat lamaran kerja via email, selalu perhatikan 3 baris pertama pada email mulai dari baris pertama yang ada kata To :.. baris kedua ada kata CC :.. dan baris ketiga ada kata Subject :… Disini banyak yang salah saat mengisinya. Terutama di kolom subject banyak para pelamar yang mengisi asal-asalan. Alhasil saat diterima pihak perusahaan pun tampilan email yang diterima menjadi sangat berantakan. Lantas bagaimana cara mengisi yang benar nya?

Cara mengisi kolom to..dan.. subject di email saat mengirim surat lamaran kerja sebagai berikut :
– Kolom to : diisi dengan alamat email perusahaan yang dituju
– Subject : Diisi dengan lamaran pekerjaan (posisi) – Nama Pelamar

Contoh :
To /Kepada : [email protected]
Subject : Lamaran pekerjaan (Tekinisi) – Agus Saputra

Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja via Email Agar Cepat di Terima :

1. Mengirim Surat Lamaran Kerja Dengan Email Profesional

Mengirim surat lamaran kerja via email ada baiknya menggunakan email yang profesional atau email utama dengan nama yang jelas. Gunakanlah nama email sesuai dengan nama asli agar pihak perusahaan mudah mengingat email Anda. Gunakan juga platform penyedia email terbaik seperti gmail, yahoo dan kawan-kawannya agar email cepat di terima dan tidak disangka spam.

2. Isi Surat Lamaran Kerja via Email di bagian body Harus Singkat Jelas dan Padat

Isi email atau surat lamaran kerja nya memang wajib Anda tulis. Tapi disini Anda hanya menuliskan isi singkat yang sudah mencangkup semua informasi yang diperlukan. Jangan sampai Anda mengisi body email ini dengan pesan kosong dan hanya di isi dengan lampiran saja. Hal tersebut adalah kesalahan fatal yang mungkin akan membuat Anda ditendang dari email perusahaan.

3. Attachment/Lampiran berukuran kecil dengan format yang benar

Lampiran-lampiran yang dikirimkan via email biasanya sudah di patok dengan syarat-syarat tertentu. Pihak perusahaan selalu menyarankan kepada para calon pelamar untuk mengirimkan file Attachment tak lebih dari 2 mb ukurannya. Selain itu perlu diperhatikan juga format file yang dikirimkan. Banyak yang salah saat mengirim file Attachment tersebut. Banyak yang lupa atau bahkan tak pernah membaca syarat sebelum mengirim surat lamaran kerja via email.

Untuk hasil terbaik, janganlah Anda mengirim file Attachment yang dikemas dalam bentuk rar atau zip. Hal tersebut adalah sebuah kesalahan yang sangat fatal. Cara terbaik adalah menggabungkan semua file Attachment dalam format doc atau PDF yang nantinya mudah di buka oleh pihak perusahaan saat dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video tips mengisim surat lamaran kerja via email yang baik dan benar berikut ini :

Download contoh surat lamaran kerja via email terbaru :

Download contoh surat lamaran kerja via email berbagai posisi lainnya disini

Nah mungkin itulah contoh surat lamaran kerja via email dan cara mengirimnya yang bisa kami sampaikan. Semoga semua ulasan singkat diatas bermanfaat dan memudahkan Anda saat mengirim surat lamaran pekerjaan. Silahkan jika bermanfaat bantu bagikan postingan ini melalui tombol share yang sudah kami sediakan dibawah. Salam sukses!

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Dan Cara Mengirimnya | admin | 4.5